TRIBUNBARAT.COM - Bulan Ramadan yang dinantikan telah tiba! Saatnya kita menyiapkan hati, tubuh, dan pikiran untuk menjalankan ibadah dengan lebih khusyuk. Tentunya, Ibu pasti akan bertambah bahagia ketika si kecil juga turut serta dalam berpuasa. Selain menyiapkan berbagai hidangan yang lezat untuk sahur dan berbuka, Ibu tentunya juga tengah disibukkan dalam menyiapkan berbagai stok resep kue lebaran. Tidak berakhir pada sajian-sajian itu saja, keluarga di rumah juga pasti menantikan aneka cemilan sehat untuk anak yang dapat disantap baik saat berbuka maupun pada malam hari.

Untuk memastikan si kecil dan keluarga mendapat asupan nutrisi yang cukup, ada beberapa bahan makanan yang bisa Ibu olah menjadi camilan sehat. Yuk kita tengok beberapa bahan tersebut.

Kurma
Kurma tentunya identik dengan bulan puasa dan lebaran. Ibu bisa menjumpai buah satu ini dalam berbagai format; seperti: buah segar, buah yang telah dikeringkan, dalam bentuk bubuk, maupun dalam bentuk sirup (sari buah). Kurma itu sendiri juga dikenal mengandung glukosa, vitamin A, vitamin B6, dan serat yang mampu mengembalikan energi tubuh sang buah hati setelah berpuasa. Tidak hanya dimakan dalam bentuk aslinya, kurma juga lezat ketika dipadukan ke dalam berbagai sajian seperti cake, kue kering, dan roti. Untuk menambah kenikmatannya, Ibu juga bisa menambahkan margarin Blue Band Cake & Cookie ke dalam adonan sehingga kue dan roti memiliki aroma dan rasa butter yang khas.

Buah Segar

Ibu tentunya bisa menyajikan buah segar sebagai penganan berbuka maupun untuk cemilan si kecil di malam hari. Namun si buah hati terkadang enggan untuk mengonsumsi buah. Tapi Ibu tidak perlu khawatir, Ibu bisa menyulap aneka buah segar menjadi berbagai sajian yang istimewa. Sebut saja Roti Kacang Tabur Apel ala Blue Band atau Roti Gulung Pisang yang pasti akan ‘diserbu’ oleh sang buah hati. Tidak hanya rasanya yang lezat, tapi juga bisa menunjang kelengkapan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil.

Kacang-Kacangan
Untuk memenuhi kebutuhan serat si kecil, Ibu bisa menambahkan aneka jenis kacang-kacangan ke dalam masakan. Kacang-kacangan juga mengandung berbagai lemak esensial yang diperlukan tubuh terutama untuk si kecil. Salah satu cara yang bisa Ibu lakukan adalah menambahkan kacang ke dalam sajian berbuka baik yang gurih maupun yang manis. Gunakan kacang seperti kenari ataupun kacang kedelai yang telah disangrai untuk memperkaya cita rasa kudapan yang Ibu siapkan.

Protein Hewani
Ketika menyiapkan sajian berbuka dan kudapan malam, Ibu bisa mengolah berbagai bahan makanan yang merupakan sumber protein hewani. Jangan terpaku pada hidangan yang tergolong ‘berat’ tapi Ibu justru bisa mengolahnya menjadi penganan ringan yang gurih dan menggugah selera. Aneka protein seperti seafood, daging sapi, ayam, dan telur, cocok untuk divariasikan pada hidangan yang akan dikonsumsi oleh anak. Seperti lumpia, pancake, risol, dan kroket.

Keempat bahan makanan tersebut dapat membantu Ibu ketika memutuskan akan membuat cemilan sehat untuk anak seperti apa di bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Ibu pun tidak akan repot dengan si kecil yang pemilih dalam urusan makanan. Tidak hanya itu, Ibu juga masih tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi sang buah hati.

sumber:http://www.blueband.co.id/tips/aneka-bahan-makanan-bergizi-untuk-mendukung-puasa-anak
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini