TRIBUNBARAT.COM - Siapa sih yang gak sebel ketika muncul tonjolan merah di wajah? Selain membuat kita kurang pede terkadang jerawat juga terasa menyakitkan. Jerawat dapat muncul di mana saja di area muka kita. Bahkan, selain di muka, punggung, atau telinga. Jerawat juga bisa hadir di dalam rongga hidung.


Gak Perlu Pusing Tujuh Keliling, Lakukan Saja 6 Cara Mudah Ini Untuk Mengatasi Jerawat di Hidung!


Mungkin ledis pernah merasakan munculnya jerawat di hidung. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat satu ini. Bahkan, kita dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk menumpasnya. Selain mudah untuk didapatkan di sekitar kita, bahan alami juga tentunya lebih aman untuk mengobati si tonjolan merah ini. Penasaran gimana cara mengatasi jerawat hidung dengan bahan alami? Yuk, cari tahu di artikel ini!


1. Jerawat dalam hidung memang menyakitkan, tapi kamu bisa melakukan langkah mudah untuk pencegahan!

Munculnya jerawat dalam hidung diakibatkan karena kurangnya kebersihan di dalam rongga hidung. Untuk mengatasinya, bersihkan rongga hidung secara teratur. Selain itu pangkas rambut yang berada dalam hidung untuk mencegah penyumbatan kotoran dalam hidung.

Jika jerawat sudah terlanjur muncul di dalam hidung kamu sebaiknya tidak memecahkan jerawat yang ada dalam hidung tersebut. Karena jika jerawat dipecahkan bakteri di dalamnya akan menyebar dan dapat mempersubur pertumbuhan si tonjolan merah ini.  Kamu bisa membersihkan dengan hati –hati pada area yang berjerawat menggunakan air hangat.


2. Bawang putih yang memiliki sifat antibiotik dan antibakteri siap menumpas jerawat batu yang menyerang hidungmu.

Selain bisa dijadikan bumbu dasar masakan, bawang putih juga dapat dijadikan obat jerawat pada hidungmu. Bawang putih memiliki anti biotik dan anti bakteri di dalamnya sehingga mampu mengatasi si tonjolan merah yang muncul di muka. Wajah akan terlihat lebih bersih hanya dengan menggunakan bawang putih saja!

Gunakan bawang putih muda yang memiliki siung kecil. Bersihkan terlebih dahulu dan kupas kulitnya. Tumbuk atau blender bawang putih. Setelah itu oleskan di seluruh permukaan wajah, terutama di bagian hidung dan biarkan selama 10 menit. Selanjutnya bilas dengan air bersih.


3. Kompres jerawatmu dengan es batu. Langkah sederhana ini efektif untuk mengurangi nyeri dan mencegah pembengkakan.

Untuk mengurangi rasa nyeri dan mengempeskan ukuran jerawat di dalam hidung, kamu bisa menggunakan es batu. Bungkus beberapa butir es batu dengan menggunakan kain lalu kompreskan ke area jerawat. Cara ini terbukti ampuh untuk membuat jerawat kempes dan meredakan rasa nyeri. Jika kamu melakukannya secara berkala dijamin si tonjolan merah tak akan nampak lagi.


4. Jeruk lemon bisa mengeringkan dan mengempeskan jerawat di dalam hidung. Bahkan, sekilas membuatnya tak nampak lagi!

Mungkin kita udah cukup sering mendengar bahwa jeruk lemon dapat mengatasi jerawat di wajah, bahkan buah satu ini juga sanggup mengatasi jerawat batu di hidung lho! Hal ini karena lemon memiliki kandungan antibiotik yang sangat ampuh untuk mengusir jerawat batu. Selain itu sifat asamnya bisa mengeringkan dan membersihkan jerawat.

Peras jeruk lemon secukupnya. Kemudian oleskan secara merata ke tonjolan jerawat di dalam hidung dan diamkan selama 20 menit agar dapat meresap dengan baik. Selanjutnya bilas dengan air bersih.


5. Oleskan larutan pencuci mulut pada permukaan jerawat di hidung. Dijamin bakteri penyebab jerawat bengkak bisa dihilangkan.


Apakah kamu terbiasa menggunakan larutan mouthwash tiap setelah menggosok gigi? Well, sebenarnya selain berguna menyegarkan nafas, larutan ini juga bisa meringankan jerawat yang muncul di dalam rongga hidung. Mouthwash mengandung bakteri baik yang bisa membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan.

Celupkan kapas ke dalam mouthwash lalu oleskan pada jerawat di dalam hidung. Pastikan kamu menggunakan larutan pencuci mulut yang original ya, karena dengan aroma tertentu justru akan membuat larutan mouthwash ini mengandung banyak bahan kimia yang bisa memperparah jerawat.


6. Menjaga kesehatan tubuh adalah kunci utama terhindar dari jerawat. Mulai sekarang konsumsi sayur dan buah bervitamin C dan E secara berkala!
Jaga kesehatan tubuh via vipfitness.zone



Tubuh yang sehat akan memiliki keseimbangan sistem dalam tubuh sehingga dapat menghasilkan imunitas yang tinggi. Sistem imun yang tinggi dapat dengan mudah mencegah berbagai penyakit yang muncul pada tubuh. Selain itu juga dapat mencegah gangguan pada kulit termasuk jerawat di dalam rongga hidung.

Konsumsi sayur dan buah-buahan secara teratur bisa jadi solusinya. Pastikan kamu mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C dan E karena bisa menyehatkan kulit. Selain itu, jalani olahraga ringan setiap hari. Dengan begini, tubuh akan terasa bugar dan lebih sehat!
Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya, Ledis!

sumber: http://www.ledisia.com/jerawat/6-cara-mudah-untuk-mengobati-jerawat-di-rongga-hidung/
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini