TRIBUNBARAT.COM - Sudah lama menjalani hubungan dengan pasangan kadang membuat seseorang menutup mata terhadap hal-hal yang sebenarnya terjadi dalam hubungan cinta itu. Alasannya beragam, mulai dari sudah terlalu cinta atau enggan sadar bahwa sebenarnya ada yang salah.

Padahal waktu lamanya menjalin hubungan tidak ada kaitannya dengan kualitas sebuah relasi romantis, loh. Hubungan yang sudah super lama pun punya kemungkinan untuk jadi tidak sehat. Bagaimana dengan hubungan cinta yang sedang kamu jalani saat ini, sudah cukup sehat kah? Cek dulu yuk tanda-tanda ini.

1. Kamu dan Dia Bersatu Bukan Karena Takut Kesepian
Kalian bersatu bukan karena takut kesepian


Kamu dan dia tidak menjalani hubungan untuk sekadar “mengisi waktu” karena nggak punya banyak kegiatan. Daripada nggak ada yang nemenin kemana-mana, mending pacaran aja deh — gitu gampangnya. Hubungan cinta yang dijalani untuk mengusir kesepian tentu bukan tanda yang baik dari sebuah relasi yang sehat.

Kamu dan pasanganmu memang punya kecocokan dan saling tertarik satu sama lain. Hubungan yang sedang kalian jalani sekarang didasari pertimbangan rasional. Bukan hanya dijadikan kegiatan sampingan untuk membunuh waktu saja.

2. Hubungan Kalian Didasari Perhitungan Rasional
Gak cuma modal cinta, tapi juga rasional


Walau jodoh nggak bisa ditebak, tapi dalam perhitungan rasional kamu dan pasanganmu sekarang memang bisa bersisian dengan baik. Kamu dan dia tidak memiliki perbedaan mendasar yang terlalu berseberangan. Gaya hidup kalian juga bisa disesuaikan satu sama lain. Kalau hubungan ini berlanjut ke jenjang yang lebih serius, gak ada nilai-nilai pribadi yang harus kalian korbankan.

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang menggunakan pertimbangan-pertimbangan empiris. Kalian gak cuma memiliki ikatan hati yang kuat, tapi juga didukung dengan penggunaan akal sehat. Kalau kamu penasaran apakah dia benar-benar jodohmu atau bukan, coba cek di artikel “Cara Untuk Tahu Apakah Dia Benar-Benar Jodohmu“.
 
3. Sudah Menemukan Pola Nyaman Untuk Berkomunikasi
Bisa berkomunikasi tanpa kode

Komunikasi adalah kunci dari kualitas semua hubungan cinta di muka bumi. Kalau nggak bisa berkomunikasi dengan baik, ya ngapain dilanjutin? Ujung-ujungnya cuma bikin sakit hati aja. Dalam hubungan kalian pembicaraan tak berujung macam ini hampir nggak pernah terjadi:

    Cowok: “Kamu kenapa, Sayang?”

    Cewek: “Gak apa-apa, kok” *tapi kemudian ngambek seminggu*
Atau kalau dalam versi cowok, ini:

    Cewek: “Jadi, maunya gimana?”

    Cowok: “Aku juga gak tahu, deh” (karena malas mikir)


Kamu dan pasangan bisa berkomunikasi dan menyampaikan apa yang dirasakan dengan jujur dan nggak pakai kode-kodean. Apa yang dirasa selalu bisa diungkapkan dengan kata-kata. Masalah nggak pernah dibiarkan menumpuk sampai jadi bom waktu dan meledak.

4. Bisa Saling Jujur Satu Sama Lain
Selalu saling jujur


Kamu gak perlu lagi khawatir dia diam-diam melakukan sesuatu yang nggak kamu suka. Bahkan saat dia bertemu mantan kekasihnya sekalipun. Walau pasti cemburu, tapi kamu tahu bahwa dia akan selalu jujur atas apa yang terjadi. Saat dia mengatakan sesuatu, kamu tahu bahwa dia benar-benar mengatakan yang sejujurnya.

Diantara kalian berdua, kejujuran bukanlah hal yang sulit diwujudkan. Toh nggak ada hal yang perlu ditutupi kok dari kalian. Kamu dan pasangan selalu bisa saling mengungkapkan apapun dengan apa adanya.

5. Kalian Bertengkar Dengan Sehat
Bertengkar untuk menemukan solusi


Kalau kamu dan pasanganmu gak pernah bertengkar, jangan cepat-cepat bangga dulu. Itu malah bukan hal yang baik bagi sebuah hubungan cinta. Sesempurna apapun pasanganmu, kalian tetap dua orang dengan isi otak berbeda. Konflik dan perbedaan pasti nggak bisa dihindari.

Tidak adanya pertengkaran justru bisa jadi tanda bahwa komunikasi kalian nggak bagus. Salah satu dari kalian terus mengalah demi menghindari konfrontasi. Bagi pasangan, pertengkaran itu normal dan justru dibutuhkan. Masih bingung gimana cara menciptakan pertengkaran berkualitas dengan pasangan? Kamu bisa baca artikel Hipwee ini.
 
6. Kamu Dan Dia Bisa Saling Memahami
Walau berbeda kalian tetap saling memahami


Perbedaan latar belakangmu dan pasangan tentu menimbulkan banyak kebiasaan unik yang gak lazim bagi satu sama lain. Biar bagaimanapun kalian dibesarkan dalam dua lingkungan yang berbeda. Hal ini berdampak besar pada gaya hidup dan caranya mengambil keputusan.

Bisa jadi dia dibesarkan dalam keluarga yang keras, sementara kamu tumbuh di keluarga yang lembut dan jarang membentak. Ketika bertengkar dan nada suaranya meninggi, kamu bisa memahami bahwa itu merupakan bagian dirinya yang telah terbentuk sekian lama dan akan sulit diubah. Memahami bukan berarti sepenuhnya gak keberatan, tapi kamu akan menyesuaikan diri pada hal-hal yang tidak bisa dihilangkan dari dirinya.
 
7. Kalian Mampu Berkompromi
Bisa menemukan titik kompromi


Salah satu tanda bahwa kalian ada dalam hubungan yang sehat adalah saat kamu dan dia bisa menemukan titik untuk menciptakan kompromi. Ini adalah bukti bahwa kalian memiliki pola komunikasi yang sehat.

Contohnya sederhananya nih, saat pasanganmu pengen makan Nasi Padang sementara kamu ngidam pizza. Alih-alih ngambek karena keinginan salah satu gak diturutin, kamu dan dia justru bisa bersepakat untuk makan pizza tipis rasa rendang. Kalau dalam hal-hal kecil macam ini kompromi bisa dilakukan, kemungkinan untuk bisa berkompromi dalam hal-hal yang lebih fundamental akan makin besar.
 
8. Kalian Pacaran Tapi Gak Kehilangan Kehidupan Pribadi Kalian Sendiri
Kamu dan dia tidak kehilangan kehidupan personal


Kalau kamu dan dia gak punya lagi kehidupan personal setelah kalian menjalani hubungan cinta, maka ada yang salah dengan hubungan kalian. Sebuah hubungan cinta yang sehat tidak akan mengambil bagian penting yang telah ada di dirimu sebelum kalian bertemu. Harusnya, dia justru menambah warna dalam kehidupanmu.

Perhatikan deh, apakah sekarang pacarmu jadi satu-satunya temanmu? Kamu masih sering jalan dan main sama sahabat-sahabatmu nggak? Apakah kamu tetap punya semangat untuk mengejar mimpi dan menekuni hobi? Kalau jawabannya semua “enggak” dan penyebabnya adalah karena kamu kesibukan pacaran, kamu dan pasangan perlu segera melakukan evaluasi sebelum ruang personal kalian benar-benar hilang.
 
9. Tidak Ada Kekerasan
Gak ada kekerasan dalam hubungan kalian

Yang Hipwee maksud disini bukan cuma kekerasan fisik yang menimbulkan bekas memar di tubuhmu. Tapi juga kekerasan emosional dan seksual yang kadang gak terlihat secara kasat mata. Hubungan cinta yang sehat tentunya jauh dari semua jenis kekerasan.

Pasangan yang baik gak akan mengejek penampilanmu, dia akan mengingatkanmu dengan baik untuk merubah penampilan. Pasangan yang layak dipertahankan adalah dia yang memberikanmu fakta yang bisa dilogika, bukannya main bentak-bentak di depan muka. Kalau kamu merasa ada kekerasan dalam hubungan kalian, penting untuk keluar sesegera mungkin dari hubungan itu. Ini bagaimana kamu bisa melakukannya.
 
10. Aturan Dalam Hubungan Kalian Masih Dalam Batas Wajar
Batasan pacaran kalian masih dalam kewajaran

Saat ada di hubungan romantis, normal banget kamu dan pasangan menciptakan aturan yang wajib ditaati bersama. Tentu hal ini dilakukan untuk menghargai pasangan dan mencegah pecahnya pertengkaran yang bisa membawa dampak buruk bagi hubungan kalian. Yang perlu diwaspadai adalah jika aturan ini makin di luar batas wajar.

Nggak boleh jalan keluar berduaan sama teman lawan jenis karena dia cemburuan? Okay, gak papa. Tapi kalau sampai harus laporan plus kirim foto setiap pergi sama teman biar dia yakin? Atau aturan untuk gak lagi berhubungan sama mantan, wajar banget lah. Tapi pas mantan ulang tahun atau orang tuanya meninggal kita dilarang melayat ya gimana?

Hubungan yang sehat tidak akan membuatmu jadi makhluk asosial yang terikat pada aturan-aturan aneh. Bukankah cinta itu sepatutnya membebaskan?
 
11. Komitmen Kalian Jelas
Kamu dan dia punya komitmen jelas


Kamu dan pasangan sudah tahu hubungan ini mau dibawa kemana. Karena didasari pertimbangan rasional dan punya komunikasi yang baik, kalian nggak akan lagi galau karena menjalani hubungan yang nggak jelas. Kamu dan dia sudah cukup dewasa unuk menjalani hubungan yang punya masa depan, juga berhati besar jika harus saling melepaskan demi kebaikan.

Nah loh, gimana nih sekarang? Hubunganmu sudah sehat, atau masih harus diperbaiki lagi?

sumber: http://www.hipwee.com/hubungan/tanda-bahwa-kamu-ada-di-hubungan-cinta-yang-sehat/
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini