Tribunbarat.com - Pakar telematika Abi Manyu Wachjoewidajat menilai hasil revisi UU ITE harus segera dilaksanakan oleh Komisi Kominfo dengan memblokir situs abal-abal yang digunakan untuk menyebar informasi fitnah keji seperti Seword.com.
"Makanya, hasil revisi itu dan sekarang dapat dilihat apabila memenuhi pelanggaran, maka Kominfo mempunyai kewenangan melakukan pemblokiran," kata Abi saat berbincang dengan Okezone, Sabtu (18/2/2017).
Abi menegaskan, apabila situs abal-abal itu merasa tidak menyebarkan fitnah dan hoax, maka pemilik situs tersebut dapat melakukan klarifikasi kepada pihak berwajib. Pemiliknya juga harus tampil ke depan publik jika tak terima website-nya nanti diblokir.
"Kalau pemilik situs tidak terima karena setiap kontennya normal saja dan dia bisa melakukan klarifikasi kepada pihak berwajib supaya tidak diblokir," ujarnya.
Namun, bila mereka tidak bisa mengklarifikasi, berarti mereka telah mengakui kesalahannya karena menyebarkan informasi hoax.
"Kalau saat ini rata-rata mereka itu tidak berani membela tentang pemberitaannya bahwa mereka sudah melakukan pelanggaran, karena tidak ada pembelaan dan penyangkalan terhadap suatu situs itu artinya mereka mengakui (kesalahan) dia," pungkasnya.
Sumber: http://news.okezone.com/read/2017/02/18/337/1622151/sebarkan-hoax-pengamat-pemilik-seword-com-harus-bertanggung-jawab
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini