TRIBUNBARAT.COM - Bireuen I Setelah merusak jeruji besi yang berada di atas bak penampungan air dengan cara membengkokkannya, Muhammad bin (alm) A Gani (36) kemudian merayap ke atas. Nah, dari di luar rupanya sudah ada dua orang teman yang menunggu dan melempar tali tambang. Ujung tali dari luar diikat pada sebatang pohon, melalui tali itulah Muhammad merayap menuju tembok dan kabur bersama temannya yang sudah menunggu di luar. Mereka,  menggunakan sepeda motor, Rabu 8 Februari 2017 sekitar pukul 04.00 dini hari.

Begitulah kronologis kaburnya Muhammad yang disampaikan Kepala Rumah Tahanan Negara Rutan Bireuen Sofyan kepada wartawan kami di ruang kerjanya, Rabu siang. Upaya kabur itu lanjut Sofyan diketahui petugas jaga dan dilempari,”petugas kemudian mengejar, namun tak berhasil ditangkap karena keburu dibawa kabur temannya yang sudah menunggu di luar,” jelas Sofyan.

Lanjut Sofyan napi yang kabur itu tersandung kasus narkoba jenis sabu dengan hukuman enam tahun enam bulan penjara. Muhammad merupakan warga Blang Samagadeng, Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen.”Dia baru menjalankan masa hukuman sekitar tujuh bulan,” ungkapnya.

Apakah sudah dilaporkan pada Polres Bireuen? Sofyan mengaku sedang membuat surat. ”Kita sedang membuat surat ke Polres Bireuen. Dari tadi saya sibuk terus melayani tamu. Seperti kedatangan Anda juga dan harus saya layani,” jelasnya.

Napi di Cabang Rumah Tahanan Negara Rutan Bireuen diduga sering kabur, sejak lima tahun terakir. Namun berapa jumlah napi kabur itu, Sofyan tidak bisa merincikannya. “Saya tidak bisa merincikannya, bila itu yang ditanya saya tak bisa menjawab. Yang bisa saya jawab tanggal 7 Januari 2017 ke atas, sebab kita baru Sertijab di sini,” jelasnya.

Di sisi lain dia menyebutkan, pihaknya sangat kekurangan petugas keamanan. “Kita punya empat regu, satu regu tiga orang yang mengawasi 272 napi dan tahanan, yang dibantu satu orang TNI,” ungkapnya. Jumlah napi dan tahanan sebutnya, melebihi kapasitas, seharusnya yang layak ditampung 122 orang. “Kalau kapasitas menurut pusat 77 orang sesuai dengan luas kapasitas tempat tidurnya,” terang Sofyan.

SUMBER: http://www.modusaceh.co/news/begini-cara-muhammad-kabur-dari-rutan-bireuen/index.html
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini