Tribunbarat.com - Setelah 7 tahun masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan Negeri Lhokseumawe. Akhirnya mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Lhokseumawe T Junaidi yang terjerat kasus korupsi pengadaan timbangan portable, berhasil ditangkap pihak Kejari Lhokseumawe.

T Junaidi ditangkap di Jakarta oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, dan dari informasi yang diperoleh, terpidana dibawa ke Lhokseumawe dari bandara Cengkareng Jakarta-Kuala Namu Medan-Malikussaleh Lhokseumawe, Sabtu (18/2/2017) oleh petugas Kejaksaan Negeri Lhokseumawe.

Seperti diketahui, terpidana divonis dua tahun penjara terkait kasus pengadaan timbangan portable pada tahun 2005, telah mendapat keputusan tetap dari Mahkamah Agung No 1141 K/Pid,Sus/2009 tanggal 18 Februari 2010 lalu. Sejak saat itu, T Junaidi menghilang dan tidak diketahui dimana keberadaannya. Mengingat itulah pihak kejaksaan negeri Lhokseumawe resmi menetapkan terpidana sebagai DPO.

Kajari Lhokseumawe, Mukhlis, SH melalui Kasi Pidana Khusus, Syaiful Amri, SH, membenarkan pihaknya telah berhasil menangkap T Junaidi yang selama ini masuk DPO pihaknya. Sejak keputusan tetap dari Mahkamah Agung, berbagai upaya pencarian telah dilakukan, namun baru sekarang keberadaan T Junaidi diketahui.

Lanjutnya, T Junaidi dijerat kasus pengadaan timbangan portable melalui Dinas Perhubungan Kota Lhokseumawe tahun 2005 senilai Rp380 juta. Sesuai penyelidikan pihak kepolisian, dari pengadaan tersebut terdapat kerugian negara. Mengingat pengadaan tidak sesuai dengan spek awal. Timbangan yang seharusnya berkapasitas 30 ton, tapi yang dibeli hanya 15 ton. Serta timbangan telah rusak sebelum dipergunakan.

Kasus pengadaan timbangan ini disidangkan sekitar pertengahan tahun 2008 di Pengadilan Negeri Lhokseumawe. Vonis terhadapnya dihukum satu tahun penjara. Sehingga pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan banding. Saat banding, T Junaidi ditetapkan hukuman selama dua tahun penjara. Saat itu giliran Junaidi ajukan kasasi ke Mahkamah Agung, dan keputusan MA tetap menguatkan putusan hukuman dua tahun penjara.

Sumber: http://layarberita.com/2017/02/18/7-tahun-dpo-mantan-kadishub-lhokseumawe-ditangkap/

Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini