TRIBUNBARAT.COM, JANTHO - Afdhalul (7), bocah asal Gampong Biriek, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, dilaporkan hilang saat mandi bersama dengan dua temannya di laut desa setempat, Sabtu (11/2) sekitar pukul 18.30 WIB. Memasuki hari kedua pencarian, kemarin, anak kandung Sulaiman Yunus itu belum juga ditemukan.

Camat Lhoong, Drs Azhar Asnawi SSos yang dihubungi Serambi, Minggu (12/2) sore, mengatakan pencarian korban yang melibatkan personel tim SAR, TNI/Polri, BPBD Aceh Besar, relawan RAPI, serta Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Lhoong pada pukul 18.00 WIB kemarin dihentikan sementara dan akan dilanjutkan kembali besok (hari ini-red).

Sementara pihak keluarga dan warga setempat, menurutnya, masih tetap bertahan di sekitar laut dan menyisir pinggir pantai.

Dijelaskan, insiden itu berawal saat Afdhalul bersama temannya Muhammad Syauki (7) dan Muhammad Firhan (7) mandi di pantai Biriek menjelang magrib. Setelah tahu Afdhalul hilang terseret arus, kedua temannya terlihat trauma dan sulit menceritakan bagaimana kronologi Afdhalul hilang saat mereka sedang mandi.

Camat Lhoong juga mengatakan, warga setempat mengenal Laut Biriek sebagai kawasan terlarang, baik untuk mandi maupun tempat canda tawa berlebihan. Hal itu, kata Azhar, sesuai dengan keterangan Imum Masjid Birek, Tgk Syafii. “Ketika saya tanyakan mengapa laut itu dianggap kawasan terlarang, beliau bilang airnya bergerak cepat. Malah, kalau ada pengunjung yang datang ke sana untuk bercanda berlebihan, tak baik dampaknya kalau setelah itu mereka mandi. Karena, sudah banyak kejadian di sana,” sebut Camat Azhar.

Menurutnya, laut itu dianggap kawasan terlarang karena sudah banyak korban yang hilang terseret arus. Bahkan, sebelum tsunami, satu keluarga hilang terseret arus di lokasi itu. Bahkan, nelayan yang mencari ikan menggunakan jala atau jaring, tak terlalu berani ke lokasi itu. “Kami sudah meminta Keuchik Biriek memasang pamplet larangan mandi di laut itu,” demikian Azhar Asnaw.

SUMBER: http://aceh.tribunnews.com/2017/02/13/bocah-tenggelam-di-laut-lhoong
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini