Tribunbarat.com - Laser attack terjadi di Makassar beberapa waktu belakangan dan mengganggu jalannya latihan pesawat tempur. TNI AU mengimbau masyarakat agar tidak bermain-main dengan laser karena bisa mengganggu penerbangan.

TNI AU geram ! Warga Main Laser sembarangan ,Pilotnya Gagal Fokus


"Diimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan atau bermain laser pointer," ungkap Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya kepada detikcom, Kamis (19/1/2017).

Serangan laser ke udara kebanyakan terjadi karena masyarakat tidak mengetahui bahaya yang akan ditimbulkan. Sinar laser yang masuk ke kokpit pesawat dapat menimbulkan gangguan saat penerbangan.

"Apabila sorotan sinar masuk ke kokpit baik untuk pesawat komersil maupun pesawat tempur yang sedang latihan terbang malam, bisa menimbulkan gangguan pandangan mata," jelas Jemi.


"Juga bisa mengganggu konsentrasi penerbang atau pilot saat pendaratan atau pun take off," lanjutnya.

Gangguan tersebut bisa berdampak fatal. Di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, laser attack sudah terjadi beberapa kali dalam kurun waktu beberapa hari ini.

"Bisa menyebabkan kecelakaan pada pesawat terbang. Gunakanlah laser pointer sesuai dengan fungsinya," tutur Jemi.

Akibat ada warga yang bermain-main dengan laser di Makassar, latihan terbang malam pesawat tempur Sukhoi oleh penerbang dari Skadron Udara 11 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin terganggu. Setidaknya gangguan dilaporkan terjadi pada Senin (16/1) dan Rabu (18/1).


"Semalam sudah ditangkap satu orang yang menggunakan laser dan diarahkan ke pesawat. Pelaku bermain laser menembak ke arah atas," ujar Jemi.

Pelaku tidak diproses hukum karena mengaku tidak mengetahui dampak dari laser attack itu. Warga yang tinggal tak jauh dari bandara itu menurut Jemi hanya diberi peringatan.

"Apabila pelaku melakukan kembali maka siap diproses secara hukum. Sudah ada tim dari otoritas bandara setempat yang dibentuk untuk menangkap pelaku laser attack," ujarnya. 


sumber: https://news.detik.com/berita/d-3399934/tni-au-imbau-masyarakat-tak-main-laser-karena-ganggu-penerbangan?_ga=1.158335608.354802248.1484801382
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini