Senator Ghazali Abbas dukung Pergub APBA 2017

TRIBUNBARAT.COM, JAKARTA - Senator Aceh, Ghazali Abbas Adan menyokong kebijakan Plt Gubernur Aceh Soedarmo yang menetapkan APBA 2017 dengan Peraturan Gubernur atau Pergub.

Keterlambatan penetapan APBA 2017 akan berimbas buruk bagi perekonomian rakyat Aceh. "Langkah Plt Gubernur sudah tepat. Agar APbA tepat waktu. Dengan begitu roda perekonomian Aceh akan bergulir normal," kata Ghazali Abbas menanggapi kebijakan Plt Gubernur Aceh kepada Serambinewscom, Jumat (31/12/2016) malam.

Ia menyatakan, tiap tahun Acreh selalu terlambat mensahkan APBA keterlambatan tersebut ujungnya menciptakan sisa anggaran yang terbilang besar. "Kalau tiap tahun begitu terus, Aceh akan sulit bangkit," katanya.

Ghazali Abbas kemudian memperlihatkan hasil kajian Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI tentang sebab-sebab begitu besarnya sisa anggaran.

Antara lain, kata Ghazali, karena keterlambatan pengesahan APBA dan APBD; rendahnya kualitas perencanaan proyek sehingga harus diterjemahkan kembali, dan tidak bisa segera dieksekusi; banyak proyek bersifat gelondongan yang belum jelas pengerjaannya; terlambatnya petunjuk teknis proyek; dan adanya intervensi pada saat lelang proyek.

Sebelumnya Plt Gubernur Aceh Soedarmo terpaksa mengambil jalan tidak populer dengan cara mempergubkan APBA 2017.

Alasannya, sampai di penghujung Desember, pembahasan rancangan qanun APBA belum mencapai kata sepakat antara eksekutif dan DPR Aceh.

Berbagai pengamat menyebutkan karena kuatnya tarik menarik kepentingan di DPRA.

Ghazali Abbas sendiri mengaku heran karena tiap tahun Aceh terlambat mengesahkan qanun APBA. "Tiap tahun masyarakat disuguhi keterlmabatan APbA dan tiap tahun pula masyarakat mendapat lapiran besarnya sisa anggaran. Ini sesuatu yang sulit dimengerti. Sementara Aceh masih butuh percepatan pembangunannya," demikian Ghazali Abbas Adan.

sumber: http://aceh.tribunnews.com/2017/01/01/senator-ghazali-abbas-sokong-pergub-apba-2017
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini