Nnelayan Aceh Barat Daya Masih Enggan Urus Kartu Asuransi Nelayan

TRIBUNBARAT.COM, BLANG PIDIE – Hingga memasuki tahun 2017, minat masyarakat nelayan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengurus kartu nelayan masih sangat rendah. Meskipun, Pemerintah setempat melalui Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) telah menerapkan sistem door to door.

Kepala DKP Abdya, Muslim Selasa (3/1/2016) mengakui, kartu nelayan merupakan syarat untuk mendapatkan asuransi nelayan yang diberikan pemerintah. Namun, rendahnya partisipasi warga tersebut dikarenakan masyarakat belum merasakan manfaatnya.

“Kartu nelayan ini sebagai identitas para pelaut juga sebagai sarana untuk mendapatkan asuransi nelayan dari Pemerintah,” tegas Muslim.

Diakuinya, tim DKP telah beberapa kali mencoba mensosialisasikan kartu nelayan tersebut dengan cara jemput bola ke lapangan. Tetapi, sebutnya partisipasi masyarakat nelayan masih sangat rendah.

“Dari 4 ribu orang nelayan yang di Abdya hanya 1.3000 nelayan yang telah mengurus syarat kartu nelayan tersebut,” sebut Muslim.

Muslim berharap, pihak panglima laot untuk membantu memberikan pemahaman dan mengajak para nelayan mengurus kartu tersebut. ''Kartu asuransi nelayan yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Keulautan dan Perikanan (KKP) tersebut sangat penting bagi nelayan,” pungkasnya.
 
SUMBER: https://www.goaceh.co/berita/baca/2017/01/03/sejumlah-nelayan-abdya-masih-enggan-urus-kartu#sthash.qc1XxW9Z.dpuf
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini