BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Selasa (31/1) hari ini, akan menggelar debat terbuka ketiga antar-kandidat gubernur/wakil gubernur Aceh di gedung Amel Convention Hall, Banda Aceh pada pukul 13.30 WIB sampai selesai. Ini merupakan debat terakhir cagub/cawagub Aceh yang diselenggarakan oleh KIP Aceh.
Debat Terakhir Cagub/cawagub Aceh, Live di iNews-TV
Komisioner KIP Aceh, Robby Syah Putra, kepada Serambi Senin (30/1) mengatakan, debat cagub hari ini juga akan disiarkan secara langsung oleh Inews TV, salah satu televisi swasta nasional. “Insya Allah disiarkan live secara nasional oleh Inews TV, jadi bagi semua masyarakat Aceh baik yang berada di Aceh atau di luar Aceh tetap bisa menyaksikan debat terakhir ini,” kata Robby.
Sebelumnya KIP Aceh juga sudah menggelar dua kali debat terbuka cagub/cawagub Aceh, debat pertama bertempat di Hermes Hotel pada 25 Desember 2015, sedangkan debat kedua pada 11 Januari digelar di Amel Convention Hall. Dua kali debat ini juga disiarkan secara live oleh televisi nasional dan televisi lokal.
Robby menjelaskan, debat cagub Aceh ini sengaja digelar tiga kali, agar bisa menjadi bahan pertimbangan semua masyarakat Aceh dalam menentukan pilihannya pada Pilkada 2017 yang hanya tinggal hitung hari. Dengan adanya debat terbuka, katanya, akan memberi gambaran jelas bagi masyarakat, bagaimana sebenarnya visi-misi masing-masing calon yang akan dipilih pada pilkada nanti.
“Secara peraturan maksimalnya memang tiga kali, jadi ya tidak masalah kalau kita menyelenggarakan tiga kali, karena tidak ada yang melanggar aturan. Dan ini menjadi debat terakhir untuk calon gubernur/wakil gubernur, kita berharap masyarakat benar-benar menyaksikannya,” kata Robby.
Robby menjelaskan, ada sedikit perbedaan dalam debat kali ini, di mana soal-soal untuk penajaman visi-misi masing-masing paslon ditiadakan. Menurut Robby—sesuai dengan rapat debat antar tim pendukung paslon—penajaman visi-misi sudah dilakukan pada debat-debat sebelumnya. “Jadi katanya lebih baik fokus pada pertanyaan yang update, seperti isu faktual dan isu-isu terkini lainnya. Tapi penyampaian visi-misi tetap dilakukan seperti biasa,” kata Robby.
Sementara segmen lainnya, yakni segmen tanya, jawab, tanggap, dan tanggap tetap dilakukan seperti biasa, masing-masing paslon akan memiliki kesempatan yang sama untuk segmen tersebut. “Sekali lagi kita harapkan, masyarakat benar-benar menyaksikan debat terakhir ini, kita berharap melalui debat ini bisa menjadi bahan pertimbangan kita semua untuk menentukan pilihan pada pilkada kali ini,” tukas Robby Syah Putra.
Komisioner KIP Aceh mengingatkan semua pasangan calon yang akan ikut dalam debat hari ini diminta hadir tepat waktu, sebelum jadwal on air debat pada pukul 13.30 WIB. Ia berharap, tidak ada paslon yang terlambar hadir, karena debat disiarkan langsung secara nasional.
“Kita berharap paslon hadir tepat waktu karena ini langsung on air, apalagi mengingat juga waktunya ini dekat dengan shalat Zuhur. Maka kita ingatkan, semua kandidat untuk mengatur waktu agar tidak terlambat hadir ke tempat acara,” kata Robby Syah Putra.
Untuk debat hari ini, KIP Aceh memperbolehkan masing-masing paslon mengikut sertakan massa pendukungnya sebanyak 50 orang untuk masuk ke dalam arena debat. Jumlah itu jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan debat pertama dan debat kedua. “Debat pertama 20 orang, debat kedua 25 orang, untuk debat ketiga 50 orang. Semoga debat besok (hari ini-red) berjalan dengan baik,” pungkas Robby Syah Putra.

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini