Tabayun, Tabayun dan Tabayun begituPesan Menkominfo untuk Pengguna Medsos

TRIBUNBARAT.COM, Jakarta - Media sosial (medsos) menjadi sarana efektif dalam penyebaran informasi. Untuk itu, pengguna medsos harus betul-betul jeli baik dalam menerima ataupun menyebarkan informasi, biar tak membuat celaka.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, pihaknya sejauh ini terus berupaya memperbaiki hinga-bingar penyebaran informasi di media sosial.

"Saya mengajak semuanya partisipasi, semuanya pemangku kepentingan masyarakat teman-teman media juga saya minta bantuannya. Caranya bukan dari sisi teknologi dan regulasinya, akan tetapi cara kita menghadapi media sosial," kata Rudiantara saat ditemui di Gedung Balai Kartini, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Untuk itu, Rudiantara berpesan kepada pengguna medsos untuk selalu melakukan 'tabayun' atau pengecekan dan konfirmasi terkait informasi yang diterima.

"Nomor satu, tabayun, nomor dua tabayun, dan nomor tiga tabayun. Artinya apa? Pastikan kalau kita mendapatkan informasi isinya benar. Terus kalau mau mengirim, mentransmisikan atau mendistribusikan pastikan itu benar, dan kemudian ada manfaatnya," katanya.

"Pastikan itu kalau benar tapi enggak ada manfaatnya jadi untuk apa. Cara menguranginya begitu," tambahnya. 


sumber: https://news.detik.com/berita/d-3359624/pesan-menkominfo-untuk-pengguna-medsos-tabayun-tabayun-dan-tabayun
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini