Tribunbarat.com - Pernahkah anda mendengar suatu daerah di aceh yang di juluki sebagai kota dingin, Takengon adalah kota yang di kenal dengan danau laut tawar atau danau air tawar.

Takengon dikenal sebagai kota dingin,jika anda mengunjungi kota ini jangan sampai lupa membawa baju tebal,apalagi jika anda berkemah di pinggir danau laut tawar.

Putroe ijo dan beberapa misteri danau laut tawar
Jika kita perhatikan danau laut tawar memang hanpir menyamai laut,danau ini juga dihiasi dengan ombak-ombak kecil. Kalau merekamnya dengan drone, danau laut tawar mencerminkan keindahan yang luarbiasa.Gunung gunung indah yang mengelilingi danau lau tawar.

Belum ada referensi pasti asal muasal nama danau laut tawar,mungkin karena hamparan danau nya luas dan air nya tawar,maka di sebut lah Danau Laut Tawar.

Keindah danau laut tawar atau danau air tawar ini juga menyimpan banyak misteri,salah satu nya adalah putri ijo(putroe ijo).

Biasa kita mendengar putri cantik,putri ijo ini berbeda dengan putri cantik yang mungkin terlintas di pikiran anda.

Konon menurut cerita Putri Ijo (putroe ijo) adalah makhluk halus penunggu Danau Laut Tawar yang katanya sih berwujud mirip putri duyung.

Anda pasti pernah melihat bagaimana bentuk putri duyung yang ada di flm" menurut cerita begitulah jenis putri ijo (putroe ijo) si penjaga danau laut tawar.

Isu Naga di Danau laut tawar

Sekitar tahun 2001 warga Takengon pernah dibikin heboh dari hasil pengambilan gambar oleh seseorang yang mengunjungi danau tersebut,
Dengan latar belakang Danau Laut Tawar dan sosok mirip naga muncul dari dalam air di belakang mereka.

Sosok Lembide juga menjadi heboh di danau laut tawar

Namun bukan cama itu saja warga Takengon juga di hebohkan dengan mahluk yang sangat menyeramkan yaitu Lembide.

Lembide ini di sebut-sebut juga sebagai penunggu Danau Laut Tawar,konon mahluk ini jadi buat bibir warga Takengon,menurut cerita warga Takengon, Lembide adalah si drakula penghisap darah manusia.

Masyarakat Takengon menganal kisah lembide dari generasi ke generasi,karena lembide merupakan mahluk yang paling berbahaya,jadi cerita ini di teruskan sampai ke anak-anak mereka,tiap generasi kegenerasi kisah lembide selalu di ceritakan,adapun tujuan nya adalah untuk mengingatkan anak-anak nya akan sosok mahluk yang mengerikan,yaitu lambide.

Warga sekitar danau laut tawar percaya dengan ada nya sosok lembide si penghisap darah manusia,para orang tua di sekitar danau sering memgingatkan anak-anak mereka akan bahaya sosok lembide.

hampir setiap tahun ada saja korban tenggelam di Danau Laut Tawar dan mereka ditemukan dalam kondisi kehabisan darah serta ada luka mirip gigitan binatang bertaring.

Bukan hanya lembide dan sosok putri ijo(putroe ijoe) saja yang ada di danau laut tawar atau danau air tawar.

Bom aktif masa penjajahan belanda

Pernah menghembus isu dari masyarakat Takengon mengenai bom aktif di kedalaman 18 meter Danau Laut Tawar beberapa tahun silam dan diduga kuat adalah peninggalan para penjajah Belanda.

Upaya pengangkatan bom ini masih belum berhasil sampai sekarang dan banyak pihak yang mengkait-kaitkannya dengan keberadaan makhluk halus penghuni Danau Laut Tawar yang ingin bom itu tetap berada di dasar Danau Laut Tawar. Benar dan enggaknya, walahualam.

Kesimpulan dari ketiga kisah misteri ini adalah,sama sama kita memgingatkan khusus nya bagi pendatang yang belum tau seluk beluk mengenai danau laut tawar,untuk tetap berhati-hati.

Sumber: https://seur4moe.blogspot.co.id
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini