Tribunbarat.com - Bukan lagi sebuah rahasia kalau selama lebih dari seribu tahun, banyak yang sudah merasakan manfaat cuka apal dan telah digunakan untuk banyak hal; sebagai penyembuhan obat mujarab untuk berbagai penyakit seperti demam, batuk dan pilek, sebagai antibiotik, detoksifikasi, minuman energi, sebagai pengawet dan bumbu masakan, digunakan juga sebagai antiseptik-disinfektan untuk membersihkan luka dan alat-alat kesehatan, dan bahkan sebagai deodoran.

Cuka apel terbuat dari sari apel yang telah mengalami fermentasi, dimana bakteri dan ragi mengubah gula menjadi alkohol dan akhirnya menjadi asam asetat. Cuka sari apel ini kaya akan mineral, seperti kalium, natrium, klorida, fosfor, kalsium, dan magnesium, dan mineral, seperti, tembaga, fluor, serta vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, bioflavonoid , dan pektin.

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Pepatah mengatakan, “satu buah apel sehari membuat Anda jauh dari dokter” hal ini benar-benar dicontohkan dengan menggunakan cuka apel. Wasiat dari penggunaan dan penelitian ilmiah membuktikan bahwa banyak sekali khasiat cuka apel bagi kesehatan, sebagai berikut:

Meredakan sakit tenggorokan, pilek, dan infeksi sinus

  1. Dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi menjadi lebih rendah 
  2. Bermanfaat untuk kulit, cuka apel dapat membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit, seperti jerawat dan bintik-bintik. 
  3. Detoksifikasi membantu menghilangkan racun 
  4. Mencegah alergi 
  5. Meningkatkan kekuatan dan meningkatkan stamina 
  6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh Meningkatkan metabolisme sehinga membantu menurunkan berat badan 
  7. Melancarkan pencernaan dan membantu mempermudah buang air besar
  8. Mengurangi rasa sakit dan kekakuan sendi Meringankan Infeksi kandung kemih 


Untuk dapat merasakan dahsyatnya manfaat cuka apel harus digunakan dengan tepat, sebagai berikut:

Cuka Apel untuk Menurunkan Berat badan 

Cuka apel telah digunakan sebagai ramuan herban untuk menurunkan berat badan dan penelitian telah membuktikan bahwa memang demikian. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 di Jepang, melaporkan bahwa terjadi penurunan berat badan dan penurunan nafsu makan dengan asupan 30 ml cuka apel, hal ini mengarah pada kesimpulan bahwa cuka apel bisa mengurangi obesitas.

Diabetes 

Studi telah melaporkan bahwa cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah pada pasien dengan diabetes tipe 2. Dalam sebuah studi bahkan melaporkan bahwa cuka apel memiliki aktivitas yang sama seperti metformin atau acarbose, yang keduanya merupakan obat antidiabetes.

Sumber: http://mediskus.com/nutrisi/manfaat-cuka-apel-dan-cara-menggunakannya
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini