Mengharukan kisah putri pukes takengon (aceh)
Tribunbarat.com- Takengon adalah salah satu kabupaten yang ada di Aceh, yang merupakan dataran tinggi,biasa di sebut dengan kota dingin,dan juga di kenal dengan kota gadis cantik,hampir semua gadis di takengen memiliki kulit putih,bagaikan sang putri raja. :)

Pemandangan alam di Takengon masih sangat asli,sejuk dan juga sangat indah dengan gunung-gunung yang menghiyasi kota takengon.

Di malam hari, udara di Takengon cukup dingin,jika anda berwisata ke takengon jangan lupa membawa perlengkapan seperti baju yang tebal,dan juga tenda,jika ingin bermalam di danau air tawar.

Dari kota Banda Aceh ke Takengon dapat ditempuh dengan waktu 6-7 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Banyak warga sekitar yang memancing ikan di danau air tawar ini dan tak sedikit juga yang bersantai disekitar danau sambil menikmati panoramanya yang indah,apa lagi di hidangkan secangkir kopi.

Konon Tidak jauh dari kawasan Danau Air Tawar takengon, terdapat sebuah tempat wisata terkenal di Aceh yaitu Batu Putri Pukes

Yang membuat wisata menarik untuk mengunjungi Batu Putri Pukes adalah legendanya yang hampir sama seperti cerita Malin Kundang. Batu Putri Pukes terletak disebuah goa kecil diatas bukit dimana anda harus menaiki beberapa buah anak tangga untuk sampai ke mulut goa.

Konon menurut cerita dari orang tua terdahulu, hiduplah seorang putri dari Takengon yang bernama Putri Pukes. Ia merupakan putri yang cantik dan banyak sekali pria yang menyukainya.

Yang nama nya putri cantik tentu saja kaum adam sangat mengagumi nya.

Namun, di suatu hari ia bertemu dengan seorang pria tampan yang membuatnya jatuh cinta.

ketampanan pria pilihan putri pukes tentu saja melibihi ketampanan pria takengon pada masa itu.

Seperti sepasang kekasih yang di pertemukan,ternyata pria tampan tetsebut juga mencintai Putri Pukes dan pria tersebut memutuskan untuk menikahi Putri Pukes.

Entah apa yang terjadi dengan pria lain di takengon yang menyukai putri pukes,harus menyerah sebelum bertanding.

Namun ada kabar menarik dari sang ibunda putri pukes,walaupun ngak tertuju langsung ke pria-pria yang menyukai putri pukes kala itu.

Ternyata ibunda Putri Pukes yang sangat menyayangi Putri nya yaitu putri Pukes tidak merestui niat baik sang pria yang ingin menikahi Putri Pukes.

Ibunda Putri Pukes Kawatir anaknya akan meninggalkannya jika ia menikah.

Walaupun ibunda tidak setuju, itu tidak menjadi penghalang bagi Putri Pukes untuk menikah dengan pria itu.

Ternyata putri pukes sangat mencintai pria tampan tersebut

Namun ibunda putri pukes Tidak ada pilihan lain, ibundanya membiarkan saja Putri Pukes untuk menikah dengan pria yang ia cintai itu.

Ungkapan isi hati seorang ibu yang sangat mencintai puti nya.

"ibunda Putri Pukes berucap jika engkau sudah menikah nanti dan pergi mengikuti suamimu meninggalkan ibu, jangan sedikit pun kamu menengok ke arah ibundamu."

Hingga tiba waktu pernikahan Putri Pukes dengan pria tersebut, ketika akan berpisah dengan ibundanya yang saat itu Putri Pukes dan suaminya beserta pasukan pengawalnya menuju arah bukit, tak sengaja Putri Pukes menengok ke belakang ke arah ibundanya yang sangat sedih ditinggal pergi olehnya. Seketika saja, Putri Pukes berubah menjadi batu.

Ternyata ibundanya berujar didalam hati jika Puteri Puker menengok ke arahnya saat ia akan pergi dengan suaminya ke atas bukit, maka ia akan menjadi batu.

Sang pria yang mencari-cari Putri Pukes karena ia berjalan duluan ke arah bukit, sangat kaget melihat istrinya berubah menjadi batu.

Batu itu pun mengeluarkan air mata terus menerus karena kesedihannya yang mendalam harus berpisah dari suaminya dan ibundanya.

Hingga saat ini batu tersebut masih mengeluarkan air mata namun tidak sesering dahulu, dan bentuk batu dari Putri Pukes ini makin lama makin membesar karena tetesan air dari atas mulut gua.

Jika anda penasaran untuk melihat batu ini, silahkan mengunjungi Kota Takengon, dimana gua batu Putri Pukes ini letaknya di sekitaran kawasan Danau Air tawar.

Semoga kisah ini menjadi pelajaran penting buat ibu-ibu,setiap anak punya cara sendiri untuk membahagiakan orang tua nya.

Sumber: https://seur4moe.blogspot.co.id
Bagikan:

1 comments so far,Add yours