Tribunbarat.com - Bank Indonesia (BI) Senin 19 Desember 2016, resmi meluncurkan wujud pecahan uang baru diberi nama uang NKRI, dengan menampilkan 12 pahlawan nasional.
Uang desain baru yang diluncurkan hari ini mencakup tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam.

Tampilan Baru Uang NKRI. (2)
Tampilan Baru Uang NKRI. (2)
Keduabelas uang Rupiah Tahun Emisi 2016 itu terdiri dari 7 (tujuh) pecahan uang Rupiah kertas dan 4 (empat) pecahan uang Rupiah logam. Uang Rupiah kertas terdiri dari pecahan Rp100.000 yang menampilkan gambar Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno dan M. Hatta.
Uang kertas Rp50.000 yang menampilkan gambar Ir. H. Djuanda, sedangkan uang kertas Rp20.000 terdapat gambar Dr. G.S.S.J. Ratulangi.
Selain itu, uang kertas Rp10.000 yang menampilkan gambar Frans Kaisiepo, uang kertas Rp5.000 dengan gambar Dr. K.H. Idham Chalid, uang kertas pecahan Rp2.000 terdapat gambar Mohammad Hoesni Thamrin, sedangkan pada mata uang kertas Rp1.000 bergambar Tjut Meutia.
Sementara itu, untuk uang Rupiah logam terdiri dari pecahan Rp1.000 bergambar I Gusti Ketut Pudja, pecahan logam Rp500 bergambar Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang, uang pecahan Rp200 bergambar Dr. Tjipto Mangunkusumo dan uang Rp100 logam bergambar Prof. Dr. Ir. Herman Johanes.
Berlakunya uang NKRI baru ini mendapat tanggapan beragam dari Netizen di sosial media. Bahkan ada beberapa Netizen yang menuliskan, uang NKRI baru ini mirip mata uang  China, Yuan?
Seperti salah satu netizen Nina Asterly, yang mengatakan lewat akun Facebooknya. “Uang Rupiah kita mirip sama Yuan yaa…,” Begitu kata Nina.
(Screenshoot Facebook)
(Screenshoot Facebook)
Tak hanya Nina, Netizen lain Iwan Ahmad dan Rrooni Bomber Salapanbelastilitilu, juga mempertanyakan mengapa tampilan keluaran uang baru tersebut mirip dengan Yuan.
“Uang NKRI mirip dengan uang Yuan, kenapa?,” tulisnya.
(Screenshot Facebook)
(Screenshot Facebook)
Mereka membandingkan uang NKRI dan Yuan dengan mengupload jenis uang dua Negara ini.
Sontak beberapa Netizen lainnya ikut berkomentar, ada yang suka dengan desain baru tersebut, ada juga yang masih suka dengan desain bentuk uang yang lama. (*)

Sumber: http://kabkota.com/1773/heboh-wujud-baru-uang-nkri-katanya-mirip-yuan
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini