ASNLF Peringati Milad Aceh Merdeka ke 40 di Swedia

TRIBUNBARAT.COM -  Selain di Aceh, gaung milad Aceh Merdeka juga diperingati oleh aktivis Acheh-Sumatra National Liberation Front (ASNLF) di luar negeri.

Dari Swedia dilaporkan, Milad ke 40 tahun ini dirayakan bersamaan dengan upacara yang dirayakan di Aceh.

Menurut Koordiantor ASNLF di Swedia, Asnawi Ali, acara tahunan ini dilakukan di kota Örebro, sebuah kota yang berjarak 200 Km arah barat kota Stockholm, Swedia.

Dihadiri oleh berbagai generasi, seremonial tersebut selain untuk mengingat para syuhada yang telah berjuang juga diiringi dengan amanat Milad kepada rakyat Aceh yang tersebar di berbagai tempat.

Bertindak sebagai pembaca amanat Milad adalah wakil ketua Presidium ASNLF, Yusuf Daud.

Dalam amanat yang ditandatangai ketua Presidium Ariffadhillah, Yusuf Daud mengajak kembali untuk merenung perjuangan deklarator AM, Tgk Hasan Tiro.

”Seiring perubahan tekhnologi, siaran penerangan AM oleh Wali Negara sangat mudah diraih sehingga kita mengerti arah tuntutan perjuangan,” terang Yusuf dalam bahasa Aceh dihadapan berbagai generasi yang lahir dan besar di Swedia itu.

Disamping berupa nasehat, Yusuf juga membeberkan perbandingan perjuangan dengan bangsa lain. Usaha kaderisasi untuk melanjutkan estafet perjuangan AM juga telah dilakukan dalam beberapa tahun sebelumnya.

”Perlu dipahami bahwa perjuangan politik untuk kemerdekaan itu terkait dengan berbagai aspek seperti sipil, ekonomi, sodial dan budaya,” tuturnya

Hampir serupa dengan amanat Milad, sebuah tausiyah agama juga disampikan oleh Tgk Syahbuddin Abdurrauf seputar ketokohan Imam Syafi’i yang patut diteladani oleh generasi penerus Aceh.

Hal ini disampikan karena mengingat masyarkat Aceh mayoritas bermazhab Syafi’i.

Dalam keterangan terakhirnya itu, Asnawi mengoreksi bahwa Milad yang dilakukan sebelumnya adalah Milad ASNLF/AM, bukan Milad GAM karena ASNLF/AM telah diaktifkan kembali setelah rapat di Denmark pada April 2012 lalu dan kini mulai menjajaki aktivitasnya ke berbagai tempat, termasuk di Aceh.


sumber: http://aceh.tribunnews.com/2016/12/08/asnlf-peringati-milad-gam-ke-40-di-swedia
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini