30 Ha Sawah di Krueng Raya Tidak Beririgasi

TRIBUNBARAT.COM, JANTHO - Sekitar 30 hektare areal sawah di Gampong Meunasah Kulam, Beurandeh dan Gampong Payakameng, Kemukiman Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, sejak beberapa tahun terakhir telantar. Sebab, untuk areal persawahan itu tidak dapat dialiri air.

Khaidir, Penyuluh Pertanian setempat kepada Serambi Jumat kemarin mengatakan, sawah yang populer disebut dengan “blang bayee utang” oleh warga setempat, sudah lama tidak berproduksi. Padahal, dengan luasnya mencapai 30 hektare akan berpotensi memproduksi gabah dalam jumlah besar.

Menurutnya, selama ini sebagian besar warga setempat bergantung mata pencaharian sebagai nelayan tradisional. Padahal jika sawah itu mendapat pasokan air, maka akan menjadi mata pencaharian baru bagi masyarakat setempat. Serta dapat mendongkrak perekonomian di kawasan Krueng Raya.

“Dalam beberapa kali pertemuan dengan pemerintah, sudah kita minta sawah itu diperhatikan, agar dapat dimanfaatkan oleh warga, namun hingga kini belum ada hasil,” ujarnya.

Warga berharap agar kawasan itu dapat dibangun bendungan atau embung, sebagai sumber air untuk mengaliri ke areal persawahan. Apalagi lokasinya yang berada di sisi sungai yang memiliki cukup air untuk mengaliri sawah itu.
 
 
SUMBER:  http://aceh.tribunnews.com/2016/12/03/30-ha-sawah-di-krueng-raya-telantar
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini