10 Penderita HIV/Aids ditemukan Dinkes Pidie pada tahun 2016

TRIBUNBARAT.COM, SIGLI - Dalam tahun 2016, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pidie menemukan sepuluh penderita Aids (Acquired Immunodeficiency Syndrome) yang terinfeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Jumlah penderita yang terdata ini lebih tinggi dari temuan tahun-tahun sebelumnya di kabupaten ini.

“Ini kasus terbanyak dari catatan sejak tahun 2008,” kata Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Pidie, Turno Junaidi SKM MKM, usai acara sosialisasi HIV untuk ibu Bhayangkari di Mapolres Pidie, Senin (5/12).

Turno merinci, warga Pidie penderita HIV/Aids yang dirangkum Dinkes Pidie sejak tahun 2008 hingga 2016, mencapai 30 orang. Yakni tahun 2008 satu orang, tahun 2009 dua orang, tahun 2010 dua orang, tahun 2011 empat orang. Selanjutnya pada tahun 2012 tidak ditemukan penderita baru, dan bari ditemukan lagi tahun 2013 sebanyak dua orang, tahun 2014 tujuh orang, 2015 dua orang, dan tahun ini sepuluh orang. “Selama ini, para penderita Aids tersebut rutin berobat ke Puskesmas,” ujarnya.

Dikatakan, penderita HIV/Aids di kabupaten ini, terbanyak adalah laki-laki yang mencapai 20 orang dan perempuan 10 orang. Mereka rata-rata berusia di atas 20 tahun.

Kabid PMK di Dinas Kesehatan Pidie, Turno Junaidi SKM MKM, paparannya menjelaskan, penularan HIV/Aids bisa melalui jarum suntik, hubungan seks, juga bisa dari ibu yang terjangkit HIV kepada bayinya. Faktornya lain, karena berganti jarum suntik bekas pakai pengidap HIV, juga bisa tertular dari alat cukur jenggot yang dipakai bergantian.

“Masyarakat kami minta waspada dan hindari memakai alat (pisau cukur atau jarum suntik) bekas pakai penderita HIV. Penderita juga kami minta menjaga hal yang sama, agar alat-alat yang dipakainya tidak sampai digunakan orang lain,” sarannya.

Sosialisasi HIV ini diikuti ibu-ibu Bhayangkari, dibuka oleh Kapolres Pidie, AKBP M Ali Kadhafi SIK, yang diisi pemateri, dr Dwi Wijaya dan Turno Junaidi SKM MKM.

sumber: http://aceh.tribunnews.com/2016/12/06/dinkes-pidie-temukan-10-penderita-hivaids
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini