Tribunbarat.com,BANDA ACEH- Calon Wakil Bupati Aceh Jaya yang diusung Partai Demokrat dan Partai Aceh terancam gagal ikut sebagai peserta pilkada Aceh Jaya 2017, jika terbukti keaslian dokumen akademik yang dipergunakan ketika mendaftar merupakan Aspal ( Asli Tapi Palsu). Tidak hanya Teungku Yusri, bahkan Calon Bupati Drs H.T Irfan TB pun juga terancam ikut gagal, pasalnya jika ijazah yang dipergunakan Teungku Yusri legalitas keabsahan tidak bisa dipertanggungjawabkan, maka paket pasangan calon tersebut harus digugurkan demi hukum.

Hal tersebut dikatakan Anggota YARA ( Yayasan Advokasi Rakyat Aceh ) Hamdani, 17/11/2016 kepada awak media ketika menanyakan benarkah pihaknya telah melaporkan keraguan publik tentang keabsahan legalitas ijazah Teungku Yusri ke Panwaslih Aceh Jaya ?



"Benar pada tanggal 05 November 2016, kita telah melaporkan keraguan publik terkait keabsahan legalitas salah seorang calon wakil kepala daerah Kabupaten Aceh Jaya saudara Teungku Yusri, pembuktiannya nanti di Panwaslih Aceh Jaya, jika memang terbukti maka penetapan pasangan calon tersebut harus dibatalkan demi hukum", ujar Hamdani

Menurut Hamdani, persoalan tersebut harus dan wajib dicari kebenarannya supaya tidak menjadi fitnah, yang dapat merugikan satu pihak dan menguntungkan pihaknya lainnya. Maka untuk itu pihak YARA juga akan mengirimkan surat resmi ke KIP Aceh Jaya untuk meminta salinan dokumen ijazah tersebut, hal itu sesuai dengan ketentuan yang termaktub dalam Undang – Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan KPU No. 1 Tahun 2015 tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan KPU, PPID KPU RI.

Tidak hanya itu, YARA lanjut Hamdani, juga akan melaporkan persoalan tersebut nantinya ke pihak Kepolisian Aceh Jaya, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), berdasarkan beberapa bukti awal sebagai bahan dasar untuk menindaklanjuti laporan.

"Selasa atau rabu nanti kita akan ke Polres Aceh Jaya, dan kita surati secara resmi terkait laporan ini ke DKPP, maka untuk itu kami sangat berharap kerjasama semua pihak", tutup Hamdani.

Sumber: https://bongkarnews.com/cawabup-pa-terancam-gagal-ikut-pilkada-aceh-jaya/
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini