TRIBUNBARAT.COM -
GAWAI atau gadget merupakan salah satu kebutuhan primer saat ini. Memisahkan anak-anak dari gadget pun sudah bukan hal mudah.

Jika harus memberinya gadget, Anda harus menetapkan durasinya. Sehingga, dia tetap bisa bermain gadget dalam batas wajar. Lalu, bagaimana jika anak-anak sudah kecanduan gadget? Apa ciri-cirinya?

Dijelaskan oleh Psikolog Anak dan Keluarga, Astrid WEN, M.Psi, ada lima tanda anak sudah kecanduan gadget. Simak ulasannya berikut ini:

Lupa waktu

Anak yang kecanduan gadget suka lupa waktu. Mereka menjadi lupa makan, lupa belajar, lupa mandi, dan lupa main bersama teman-teman di luar.

Marah

Anak akan mudah marah atau ngambek ketika orangtua menginterupsi waktu bermain gadget. Saat diingatkan untuk makan atau melakukan aktivitas lain, anak memilih pergi.

Tidak menyelesaikan tugas

Anak-anak yang sudah kecanduan gadget akan membiarkan tugas mereka terbengkalai. Bahkan, mereka tidak memiliki rasa bersalah karena tidak menyelesaikan tugasnya, mereka hanya fokus pada gadget di tangannya.

Menarik diri dari orang lain

Mereka akan menarik diri dari orang lain karena terlalu asyik bermain gadget. Mereka tidak peduli pada orang lain dan sosialisasinya cenderung berkurang karena asyik dengan gadget-nya.

Sembunyi-sembunyi

Ketika mereka sudah tidak tahan ingin main gadget, anak akan bermain gadget secara sembunyi-sembunyi. Atau saat melihat gadget tergeletak di meja, anak akan mengambilnya ketika orangtua tidak berada di dekatnya. 

sumber: http://lifestyle.okezone.com/read/2016/11/25/196/1551604/moms-kenali-tandanya-anak-sudah-kecanduan-gadget
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini