Masih Ada Guru Bergaji Rp300 Ribu di HARI GURU NASIONAL 2016


PEKANBARU - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengakui hingga kini masih ada guru yang berpenghasilan Rp300 ribu per bulan di wilayah setempat.

"Miris masih banyak guru honor yang digaji Rp200.000- Rp300.000 per bulan dari dana Bantuan Operasional Sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Abdul Jamal saat dijumpai antara usai Upacara Hari Guru Nasional (UHGN) dan Hari Ulang Tahun PGRI ke -71 di Pekanbaru, Jumat (25/11/2016).

Abdul Jamal menjelaskan, sementara disatu sisi pemerintah meminta para guru harus profesional. Untuk mewujudkan itu berarti perlu diperhatikan kesejahteraannya dan keamanannya.

Mereka yang bergaji kecil ini adalah para guru yang menjadi honor karena diangkat komite sekolah untuk membantu kekurangan tenaga pengajar. Memang tidak masuk sebagai ASN, tetapi bekerja penuh seperti kebanyakan pegawai.

"Dana BOS cuma mampu bisa dimanfaatkan 15 persen bagi gaji guru sesuai aturannya," tegasnya.

Walau diakui dia memang ada guru yang sudah sejahtera namun itu hanya sebagian yakni mereka yang sudah menjadi Aparatur Sipil Negara. Menurutnya ada empat level guru dengan tingkat kesejahteraan jauh berbeda. Terbanyak jumlahnya kini yang berada diposisi level menegah ke bawah.

"Ada empat level guru ASN, Guru tidak tetap, guru bantu dan guru komite," terangnya lagi.

Kalau guru tidak tetap dan guru bantu gajinya masih memenuhi aturan upah minimum kota. Sementara guru bantu komite ini yang sangat miris mereka hanya bergaji Rp200 ribu hingga Rp300 ribu perbulan.

"Kesejahteraan guru memang masih belum merata. Triwulan IV saja dana bos dari pusat belum masuk padahal tahun anggaran sudah mau habis," katanya menambahkan.

Ia membantah jika disamaratakan guru sejahtera, memang benar tetapi hanya untuk golongan tertentu yang sudah ASN. Diakuinya pemkot Pekanbaru kini sudah melakukan penambahan pendapatan bagi guru honor komite tersebut, namun karena masih terbatas anggaran maka belum seluruhnya.

"Kami sudah beri bantuan tambahan gaji pada 2016 ini," ujarnya lagi tanpa merinci besarannya.

Ia menambahkan saat ini jumlah guru non ASN di Pekanbaru ada sekitar 1.900 orang dengan rincian 1.300 guru honor komite, 200 guru tidak tetap dan 400 guru bantu. 


sumber: http://news.okezone.com/read/2016/11/25/65/1551144/hari-guru-nasional-masih-ada-guru-bergaji-rp300-ribu
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini