Ilustrasi

Tribunbarat.com - Luna Maya (28) nekat menggunakan uang palsu demi mendapatkan sebungkus rokok. Akibat perbuatannya, dia diteriaki pemilik warung di kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Luna berusaha kabur menggeber sepeda motornya, nahas dia dibekuk warga Sabtu (22/10) sekitar pukul 16.00 Wib.

Luna adalah warga Rantau Perapat Provinsi Sumatera Utara, yang berdomisili di Jalan Pematang Bomban, Kepenghuluan Seban Jawa, Kecamatan Rimbo Melintang, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"Dia mengaku nama panggilannya Luna Maya, ditangkap warga karena membeli rokok dengan uang palsu," ujar Kapolres Rokan Hilir AKBP Hendri Posma Lubis saat dikonfirmasi merdeka.com Selasa (25/10).

Ternyata Luna bukanlah nama aslinya. Pada kartu identitas sah miliknya, pria gemulai itu memiliki nama asli Kuswiyadi. Dia diamankan pemilik warung bernama Dasriadi (22) di Jalan Lintas Poros RT 01 RW 02 Kepenghuluan Teluk Bano I, lantaran ketahuan menggunakan uang palsu pecahan Rp 100 ribu untuk membeli rokok .

"Kejadian ini bermula ketika Luna datang ke warung Dasriadi menggunakan sepeda motor. Lalu dia membeli sebungkus rokok dan membayar dengan selembar uang pecahan Rp 100 ribu kepada Harianti istri Dasriadi, lalu dikembalikan uang Rp 87 ribu," kata Posma.

Awalnya Harianti tak curiga, namun setelah dilihatnya lebih teliti, ternyata uang itu palsu. Ia pun melapor ke suaminya, Dasriadi.

"Dasriadi menanyakan kepada istrinya di mana orang yang telah berbelanja pakai uang itu. Istrinya menyebut pelaku telah pergi memakai sepeda motor," kata Posma.

Luna saat itu belum jauh dari pandangan mata. Dasriadi langsung mengejar Luna. Melihat ada yang berlari ke arahnya, Luna mempercepat laju sepeda motornya. Warga yang melihat upaya Dasriadi ikut memberikan bantuan.

"Saat ditanya pemilik warung, pelaku mengakui bahwa uang itu palsu. Lalu Luna diserahkan korban ke kantor polisi," jelasnya.

Usai menerima laporan pemilik warung, anggota Polsek Bangko yang menerima langsung menindaklanjutinya dengan menahan Luna. Pria berperawakan mirip wanita ini langsung diperiksa secara intensif untuk mencari tahu asal uang tersebut.

"Kasus ini masih kita selidiki dan kembangkan, dari mana asal usul uang palsu yang didapat Luna ini," pungkasnya.

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/ketahuan-beli-rokok-pakai-uang-palsu-luna-maya-dikejar-kejar-warga.html
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini