Cara Mudah Bedakan Berita Asli atau Hoax

TRIBUNBARAT.COM - Tidak dapat dimungkiri, dengan kemajuan teknologi membuat berbagai ataupun mencari informasi jadi lebih mudah. Namun sayangnya ada saja segelintir orang yang memanfaatkannya untuk menyebarkan berita bohong (hoax).

Bahkan bagi sebagian pihak, hal ini kerap kali dimanfaatkan untuk menghasut atau memprovokasi para pembacanya. Namun ada juga yang mengejar keuntungan dengan menarik sebanyak mungkin pembaca untuk mengkliknya.

Dalam hal ini, pembaca tentunya juga dituntut untuk lebih cerdas dalam membedakan mana konten asli dan mana konten yang hanya berisi berita hoax dan coba memprovokasi. Dialnsir dari CNET, Selasa (22/11/2016), berikut beberapa langkah mudah untuk memeriksa berita asli atau hoax. 

1. Cross Check Judul Berita Provokatif


Saat ini tidak sedikit berita provokatif yang berseliweran di internet. Dengan demikian, coba cross check berita tersebut dengan menggunakan mesin pencari Google untuk memastikan apakah berita yang Anda baca, ditulis dan diterbitkan oleh situs berita lain.

2. Cek URL Situs Web

Cek alamat situs web berita tersebut, atau URL-nya, jika berita yang kamu baca barangkali berasal dari situs yang memiliki alamat URL berbeda, misalnya .com.de.

3. Cek Foto

Terakhir, cek foto di dalam artikel berita. Terkadang pembuat berita palsu juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca.

Caranya, download atau screenshot foto di artikel itu. Lalu, buka Google Images di browser dan seret (drag) foto itu ke kolom pencarian Google Images. Periksa hasilnya untuk mengetahui sumber dan caption asli dari foto tersebut.

Kemudian yang terpenting, gunakan akal sehat kamu saat membaca berita, jangan mudah terpancing, dan jangan ragu mengecek keaslian atau kebenarannya. 

sumber: http://autotekno.sindonews.com/read/1157236/128/tips-bedakan-berita-asli-atau-hoax-1479783607/
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini