Aceh Didiskusikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme

TRIBUNBARAT.COM, BANDA ACEH - Sebuah dialog publik bertajuk "Pelibatan Masyarakat dan Tokoh Sosial Budaya dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Aceh" digelar di aula Hotel Mekkah, Banda Aceh, Senin (21/11/2016) pagi.

Diskusi ini terselenggara atas kerja sama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh yang diketuai Prof Dr Yusny Saby MA. Sebanyak 150 peserta menghadiri diskusi ini.

Acara tersebut dibuka Mayjen TNI, R Gautama Wiranegara selaku Sekretaris Utama (Sestama) BNPT yang sekaligus bertindak sebagai pembicara kunci (keynote speaker).
Panitia juga mengundang empat orang tokoh/pakar sebagai pemateri dalam diskusi ini. Mereka adalah Drs Anwar Sanusi MT,  MM (Koordinator Kelompok Ahli BNPT), Abdurrahman Ayub (mantan tokoh jaringan teroris Indonesia) dan dua narasumber lokal, yakni  Badruzzaman Ismail SH  MHum (Ketua Majelis Adat Aceh/MAA) dan Al Chaidar MA selaku pengamat terorisme dari Universitas Malikussaleh Aceh Utara.

Menurut Kurniawan SH LLM selaku Kepala Bidang Ekonomi,  Hukum,  Sosial, dan Budaya FKPT Aceh, diskusi publik itu bertujuan meningkatkan pemahaman dan deteksi dini tentang bahaya radikalisme dan terorisme bagi masyarakat dan tokoh sosial di Aceh.

FKPT Aceh, menurutnya, punya pandangan bahwa potensi radikalisme dan terorisme di suatu daerah, seperti halnya Aceh, diyakini dapat dicegah melalui pendekatan sosial budaya berbasis kearifan lokal yang bersifat bijaksana dan bernilai luhur. "Untuk inilah diskusi ini kita laksanakan juga dengan menghadirkan Ketua Majelis Adat Aceh," kata Kurniawan yang juga panitia pelaksana diskusi.

Diskusi serupa pernah dilaksanakan FKPT Aceh tahun lalu di Aula Rumoh PMI Aceh juga pernah diselenggarakan beberapa bulan lalu di Hotel Mekkah bekerja sama dengan Dewan Pers.

sumber: http://aceh.tribunnews.com/2016/11/21/lagi-pencegahan-radikalisme-dan-terorisme-di-aceh-didiskusikan
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini