4 Langkah Selesaikan Masalah dengan Kawan

TRIBUNBARAT.COM - Sama seperti hubungan dengan pasangan, dalam pertemanan juga akan ada berbagai perbedaan yang terkadang membuat Anda gerah, bahkan bertengkar.

Akan tetapi, terkadang cukup sulit untuk mengatakan kepada sahabat ketika Anda marah atau tidak menyukai apa yang dilakukannya.

Seorang terapis, Courtney Geter, berkata bahwa kejujuran juga penting dalam sebuah pertemanan dan dapat memperkuat hubungan tersebut.

1. Ketahui akar permasalahan

Sebelum Anda bertemu dan menjelaskan pada sahabat, sebaiknya ketahui dulu masalah sampai ke akarnya. Anda bisa menganalisis dan menyampaikannya dengan tutur kata yang baik, walaupun respons mereka ternyata kurang baik.

2. Pilih tempat yang nyaman untuk bertemu

Ketika nantinya Anda akan berdebat, sebaiknya pilih tempat yang nyaman sehingga tidak ada gangguan saat menyelesaikan masalah tersebut.

3. Pendekatan dan menanggapi

Sebaiknya katakan semua yang Anda rasakan. Ingat, jujur lebih baik ketimbang menutupi. Kemudian, tunggu teman Anda merespon. Saat mereka bicara, coba tanggapi dengan baik.

Geter menekankan untuk mendengarkan, jangan sampai kehilangan rincian yang penting dan mintalah klarifikasi tentang apa yang Anda dengar.

4. Tinggalkan masa lalu

Setelah berdebat, Geter menyarankan untuk melupakan masa lalu dan tidak membahas topik yang telah lewat untuk memperbaiki persahabatan Anda.

“Jangan membawa hal-hal dari masa lalu karena dapat menciptakan impresi defensif dan menyalahkan. Fokus pada topik saat ini dan tetap di sana sampai terselesaikan,” kata Geter.

sumber: http://female.kompas.com/read/2016/11/08/153800220/4.langkah.selesaikan.masalah.dengan.sahabat
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini