Masihkeren.com - Banyak isu-isu yang mngataan kalau pada tahun ini (2016) Rokok naik sampai mencapaik 500%, apakah isu tersebut benar adanya atau tidak.

Pemerintah sendiri mengaku mendengarkan usulan kenaikan harga rokok menjadi Rp 50.000 per bungkus. Oleh sebab itu, pemerintah bakal mengkaji adaptasi tarif cukai rokok sebagai salah satu instrumen harga rokok.

"Cukai rokok belum kami diskusikan lagi tapi kami kan biasanya setiap tahun ada adaptasi tarif cukainya," ucap Kepala Tubuh Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara di Perkantoran Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (17/8/2016).

Selama ini, harga rokok di bawah Rp 20.000 dikualitas menjadi penyebab tingginya jumlah perokok di Indonesia. Faktor tersebut membikin orang yang tak lebih sanggup sampai anak-anak sekolah mudah membeli rokok.

Berdasarkan hasil studi yang diperbuat Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany dan rekan-rekannya, ada keterkaitan antara harga rokok dengan jumlah perokok.

Dari studi itu terungkap bahwa sejumlah perokok bakal berhenti merokok jikalau harganya dinaikkan dua kali lipat. Dari 1.000 orang yang di survei, sebanyak 72 persen bilang bakal berhenti merokok jika harga rokok di atas Rp 50.000.

Pemerintah sendiri berbicara bahwa cukai rokok rutin ditinjau ulang setiap tahun. Sejumlah indikator menjadi pertimbangan yakni kondisi ekonomi, permintaan rokok, dan perkembangan industri rokok.

Jadi bangi yang ingin berhenti merokok, inilah saatnya.
Bagikan:

18 comments so far,Add yours

  1. SAYA PEROKOK BERAT 3 BUNGKUS SEHARI. TAPI SAYA SETUJU BANGET DENGAN KEBIJAKAN INI. KALAU GA MAMPU MENDING GA USAH NGEROKOK.
    BANYAK ANAK DI BAWAH UMUR MEROKOK DENGAN UANG JAJAN NYA APALAGI ROKOK BISA KETENGAN.
    DENGAN KEBIJAKAN INI SIAPAPUN YANG PENGHASILAN NYA HANYA SE-UMR WAJIB MIKIR BUAT MEROKOK.
    KASIHAN ORANG YANG BODOH BELI BERAS GA MAMPU,BEKI ROKOK DI BELA2IN.
    DENGAN HARGA ROKOK 50 RIBU DI HARAP JUMLAH PEROKOK DI NEGARA INI BERKURANG.

    ReplyDelete
  2. imelshaya Belagu banget, sok kaya.. gue juga ngrokok tp biasa aja... Jgan nyindir kalangan bawah woyy!

    ReplyDelete
  3. saya setuju rokok naek...asal isinya 50batang perbungkus

    ReplyDelete
  4. G pa2 hrga rkok di naikin,tpi gaji PNS,N PJBAT NEGARA di turunin okey,,,,

    ReplyDelete
  5. Weleh weleh weleh, pie iki acakadul banget, rakyat semakin susah, mendingan biasa aja dan rokok nggak usah naik

    ReplyDelete
  6. Masak solusi mengurangi perokok aja harus sampe melipat gandakan harga rokok.apakah sudah malas berfikir??????

    ReplyDelete
  7. Gagal nurunin daging sapi eh roko jadi sasaran di naikin..... Bos bos ... Gampang buat naikin harga tapi coba harga sembako bisa turunin ngga......??? Lalu nanti sudah kehabisan akal bahan bakr dan elpiji naikin lagi bos.... Pencet aja tu rakyat biar pada mati stress... Udah lagi tenang tenang nnya eh cari aja sensasi. Pikirin tu anak skolah... Guru perhatiin ... Yg ga becus jadi guru babat... Saya tinggal di desa liat guru pada ga disiplin ... Cuma kasih tugas n so ngerumpi dikantor... Gimana mau maju bos....???? Gimana murid tau kalo meroko dilarang .... Guru cuma ngerumpi dikantor.... Cari akal yang sehat napa bos.... RI

    ReplyDelete
  8. Terus bos.... Naikin lagi tu gula sama kopi sekalian dengan dalih mengurangi penderita diabetes.... Dalih dan dalih segede gudang... Kalo ga bisa nyupir dan tanggung jawab sama penumpang udah Minggir aja ganti supir ...bos ... Saya terus terang kemakan janji gombal Sebelumnya.... Payah... Makan kesini sini ga beres ... Susah cari duit .... Coba jangan cari sensasi lah.... Kapan kita sampai ditempat dengan aman kalo supir nya ga beres..... Wah ,,,, wah,,,, wah ,,, masalah jangan dianggap enteng dengan prediksi.... Emangnya malaikat ... Manusia ya.... Manusia....bos kalo lagi di atas harus inget nanti kalo udah jadi mantan..... Jadi bau apa wangi..... Kecewa saya bos

    ReplyDelete
  9. bingung jg......apa sih pinginny penggede2 di Indonesia....bukan bikin tambah lapangan kerja malah mau diacak2.... pause segala rokok ditaikin....mati hidupny manusia bukan karna rokok bos....orang dlu perokok tembakau asli umurny ditas 80 tahun....kayakny mending urusin koruptor aj deh....kita dr golongan kecil jgn di bikin tambah susH....rakyat miskin di tambah semakin miskin....dimana sih hati nuraniny.....

    ReplyDelete
  10. harga terbaru 2016
    harga rokok naik akan banyak dampak negativenya dari pada dampak positifnya ? mari kita lihat selanjutnya ?

    ReplyDelete
  11. harga rokok naik ok lah ga papa asal harga buruh seprti saya ini juga naik 500% biar jadi seimbang

    ReplyDelete
  12. harga minyak naikin biar sedikit kolesterol, harga psk naikin biar sedikit penyakit menular seksual, besok 2 harga surat suara juga naikin pak biar tidak ada pemilih yang ikut pemilu bos

    ReplyDelete
  13. Ane nunggu harga rokok nyampe 100.000 per bungkus, biar merokok terlihat keren, menaikan status sosial bro....

    ReplyDelete
  14. Harga rokok naik menjdi 50 rb/bungkus bukanlah solusi untuk rakyat negeri ini, malah makin menjadikan rakyat indonesia tambah menjadi miskin, seorang asongan rokok,buruh, bahkan petani menjadi dampaknya, PHK besar"an pun akan terjadi, apakah rakyat indonesia akan kembali terjajah oleh masalah ini.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. Artikel yang anda buat sangat membantu, berisi informasi yang sangat penting
    saya menunggu artikel anda selanjutnya
    togel online

    ReplyDelete