Cara Setek Tanaman Buah Dan Hias

Cara Setek Tanaman Buah Dan Hias - Setek Flora buah dan flora hias merupakan perbanyakan flora menggunakan potongan flora induk. Bahan untuk bisa berupa batang, daun alias bagian daun, dan akar. Pagi hari merupakan waktu yang cocok untuk mengambil potongan flora sebab flora sedang dalam keadaan segar.

Apabila tak bakal langsung di tanam, kantong plastik dengan handuk basah bisa dipakai untuk menyimpan setek. Tujuannya supaya setek masih dalam keadaan segar dan lembab sampai bakal ditanam untuk diakarkan.

Ukuran stek biasanya berkisar 5-7 cm alias 2-3 buku. Untuk memotong batang, bisa menggunakan pisau yang tipis dan tajam. Bakal lebih aman, jikalau mencelupkan pisau ke dalam larutan alkohol alias fungisida berkonsentrasi rendah setiap kali berakhir memotong tanaman.

Tujuannya untuk menghindarkan penyebaran penyakit dari flora yang sakit ke flora yang sehat.

Untuk setek batang, daun butuh ditidak lebihi sampai hanya tersedia 3-5 helai untuk mengurangi potensi kehilangan air. Pada flora yang berdaun lebar, daun yang tersisa bisa dipotong setengahnya alias diikat. Mutilasi alias pengikat tersebut juga berfungsi untuk menghemat lokasi saat penanaman untuk pengakaran.

Pada setek daun, bagian flora yang diambil merupakan daun dan tangkainya, tangkainya saja, alias bagian daunnya saja. Jenis perbanyakan ini harus membentuk, baik akar maupun tunas.


Dengan demikian, setek daun membutuhkan waktu lebih lama untuk membentuk flora dewasa baru daripada dengan setek batang. Saat flora baru telah terbentuk, daun lama bisa dipotong dan dibuang.
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini