Masihkeren.com - Sebagai negara yang kaya wisata pemandangan alamnya, rutin tidak sedikit saja wisatawan yang datang berkunjung ke Indonesia. Tidak hanya wisatawan mancanegara, para penduduk lokal juga sungguh bahagia bisa berwisata di Indonesia.

Tetapi sebagai negara yang tetap kental dengan adat lokal, tempat-tempat wisata di Indonesia rutin dikaitkan dengan sesuatu yang mistis. Bahkan boleh dipercaya alias tidak, ada beberapa tempat wisata yang malah disebut angker namun justru ramai dikunjungi.

Dilansir beberapa sumber, berikut ini tempat-tempat wisata angker yang mungkin bisa membikinmu takut.

1. Pulau Kumala, Tenggarong

Nama pulau Kumala mungkin tidak lumayan populer. Namun daerah ini kini menjadi suatu  taman rekreasi yang memadukan teknologi modern dan adat tradisional. Ada beberapa fasilitas semacam sky tower dengan tinggi 100 meter dan kereta gantung di pulau yang dibekali hotel dan cottage ini.

Tetapi sebelum menjadi taman wisata, pulau Kumala sejatinya hanyalah hutan liar yang lebat. Bahkan ketika sungai Mahakam meluap, pulau Kumala kerap kali tenggelam. Sebab itulah tidak sedikit dipercaya kejadian angker tetap terjadi di Kumala semacam penampakan genderuwo alias wanita misterius yang duduk sendirian di sana.

2. Goa Kontilola, Papua

Di Wamena, Papua sana, ada suatu  goa yang berbentuk horizontal bernama Kontilola. Untuk mencapai aula besar Kontilola, kalian harus menyediakan peralatan sungguh lengkap semacam senter, sepatu boots, helm dan lainnya yang menjamin keamananmu. Perjuangan berat saat memasuki goa ini bakal terbayar dengan hal-hal misterius yang bersembunyi di perut Kontilola.

Dalam dinding goa dengan tinggi tiga meter kalian bakal menonton lukisan aneh. Disebut tidak biasa sebab manusia yang ada dalam lukisan itu terkesan tidak sama yakni bertubuh manusia namun kepala dan matanya bulat paripurna semacam bola dan tidak punya rambut. Jadi tidak sedikit ahli sejarah dan warga setempat percaya jikalau yang difoto itu merupakan sosok alien. Abnormalitas lainnya merupakan jemari makhluk dalam lukisan itu berjumlah empat.

Lukisan dalam dinding goa Kontilola ini dipercaya sebagai peninggalan leluhur. Apakah Kontilola sempat menjadi tempat alien timbul di Indonesia?

Mau membuktikannya? Silahkan datang ke Tenggarong.

3. Goa Jepang Lembang, Bandung


Berbeda dengan Goa Jepang Lhokseumawe yang terletak di Aceh, Goa Jepang Lembang, Bandung ini terkesn jauh dari kesan normal dan sangat menyeramkan,  Penjajahan Jepang di Indonesia tidak hanya meninggalkan kisah kelam menyedihkan dan perjuangan luar biasa, namun juga hal-hal yang berbau angker.

Selain sebagai tempat pertahanan, goa-goa yang dibuat oleh Jepang ini merupakan tempat di mana para romusha (pekerja paksa pribumi) tewas sebab pekerjaan mereka. Hingga saat ini, dipercaya entah siang alias malam, suasana goa Jepang sungguh mencekam. Tidak hanya hawa suram, ada teriakan dan rintihan tanpa wujud sering terjadi di sini. Keadaannya yang lembab dan minim ventilasi udara terus membikin tidak sedikit orang berdiri bulu kuduknya.

4. Pantai Selatan Jawa

Apakah pantai yang paling mengerikan di Indonesia? Jika kalian menjawab pesisir pantai selatan Jawa, maka itu terbukti adanya. Tidak terhitung telah kisah-kisah angker dan mistis yang rutin ada di kawasan tersebut. Bahkan pantai selatan Jawa syahdan dipercaya dipimpin seorang makhluk jin yang menarik jelita, Nyi Roro Kidul (Ratu Pantai Selatan).

Dari banyaknya pantai, salah satu yang dianggap paling angker merupakan pantai Parangkusumo yang menjadi tempat labuhan Keraton Yogyakarta sekaligus pintu gerbang gaib Keraton Bahari Selatan. Tidak hanya Parangkusumo, ada juga pantai Parangtritis dan goa Langse yang menjadi lokasi-lokasi mistis di sana.

Dipercaya, jangan memakai kaos/baju berwarna hijau saat di pantai selatan sebab ombak bakal luar biasamu ke lautan bebas.

5. Keraton Yogyakarta

Yogyakarta memiliki suatu  ikon yakni keraton Yogyakarta yang begitu megah. Saat siang hari, keadaannya terbukti begitu enjoy namun ketika sore dan malam menjelang, suasananya bakal berubah drastis. Lampu-lampu latif di istana itu berbanding paradoksal dengan situasi yang sunyi senyap. Saat malam hari, hanya beberapa abdi dalem keraton yang tinggal di sana.

Konon tempat yang dianggap memiliki aura mistis sungguh kuat merupakan di sekitar bangsal Proboyeksa di belakang bangsal Kencana yang dipercaya sebagai tempat penyimpanan pusaka keraton Yogyakarta. Dipercaya di sana ada makhluk-makhluk penjaga yang tidak terkesan dan berasal dari mayapada lain. Bahkan setiap kali kamera ingin mengawetkan daerah itu di malam hari, rutin saja ada obyek yang mengganggu semacam sepasang mata raksasa yang tiba-tiba timbul dari sesuatu yang kosong.

6. Lobang Buaya Kalibata, Jakarta

Pernah mendengar kejadian kelam G-30S PKI? Ya, kejadian yang dianggap salah satu noda dalam sejarah Indonesia itu akhirnya membikin kalian mengerti para Pahlawan Revolusi yang disiksa dan menjadi korban PKI saat itu. Kejadiannya sendiri terjadi pada 30 September 1965 di Lubang Buaya, suatu  pusat pelatihan PKI yang terletak di kawasan Cipayung, Jakarta Timur.

Saat kejadian itu terjadi, para jenderal besar disiksa dan dibuang ke dalam suatu  celah. Saat ini di tempat tersebut berdiri lapangan peringatan Lubang Buaya sekaligus Monumen Pancasila. Namun sebab merupakan tempat penyiksaan, tidak sedikit yang sering mendengar suara teriakan-teriakan kesakitan dari celah di mana jenazah para pahlawan revolusi itu ditemukan.

7. Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu yang terletak di Semarang ini telah tidak asing dianggap sebagai tempat wisata yang angker. Sebagai suatu  gedung yang sempat menjadi kantor pemerintahan masa Belanda, Lawang Sewu terbukti memiliki kesan bangunan tua yang terlupakan. Bangunan ikon Semarang ini dibuat pada tahun 1904 dan berakhir tiga tahun kemudian. Disebut Lawang Sewu (Seribu Pintu) sebab gedung megah ini memiliki pintu yang sungguh banyak.

Ada suatu  ruangan mengerikan di Lawang Sewu bernama ruang penyiksaan bawah tanah yang dipercaya didiami oleh sosok-sosok makhluk kasat mata yang berteriak dan menangis. Bahkan ruangan-ruangan dan koridor di sini begitu suram dan perlu keberanian tinggi melintasinya.

Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini