Perlu diketahui bahwa jika kita sudah lama tidak menggunakan tenaga dari otot-otot tubuh kita selama beberapa waktu saja, maka yang terjadi ialah otot pada tubuh akan melemah dari waktu ke waktu. Contohnya, jika ada seseorang terluka kakinya kemudian dia menggunakan kursi roda untuk beberapa waktu, bukan tidak mungkin kakinya akan menjadi lemah dan semakin melemah. Begitu jug halnya dengan otot tubuh kita yang lain seperti berlaku dengan otot di sekitar mata kita.


Jika saat ini kita mengggunakan bantuan kacamata dan tidak pernah melakukan latihan otot mata kita, maka sistem kerja mata kita akan melemah dan penglihatan akan menjadi buram. Oleh karenanya, otot mata juga perlu latihan seperti halnya otot lain yang ada pada tubuh kita.

Mulai sekarang Kita harus mengambil peran dalam melatih otot mata agar otot mata berfungsi dengan baik dan tetap sehat, berikut beberapa tips untuk pemulihan otot penglihatan Anda yang sudah lama menggunakan kacamata ataupun tidak :
  • Sangat disarankan untuk menutup kelopak mata selama 2-3 menit dalam setiap 2-3 jam untuk menghindari tekanan keras ataupun lelah dikarenakan mata yang tidak ada istirahat.
  • Kita juga perlu untuk mengimplementasikan senam untuk mata kita. Ada 16 latihan untuk melakukan senam mata. (Ikuti garis-garis pada gambar di bawah dengan gerakan mata secara cepat dan berulang)

  • Hendaklah meminimalisir pemakaian kacamata agar fungsi kerja mata lebih meningkat.
  • Lakukan pemijatan pada titik-titik tertentu seperti terdapat pada gambar dibawah ini setiap hari.


  • Kita dapat melalukan pemijatan ringan pada bola mata kita dengan menggunakan ujung jari tengah dan telunjuk. Tekanlah secara perlahan agar kita tidak merasa sakit. Kemudian diikuti dengan jari telunjuk tekan titik-titik sesuai urutan seperti pada gambar diatas.

Selain melakukan pijatan di atas, lakukan juga hal-hal berikut yang juga begitu berperan dalam pemulihan atau meningkatkan kerja otot mata.
  1. Hendaklah pada saat berjalan di luar untuk melihat ke dalam ruangan dengan jarak tertentu secara fokus.
  2. Senantiasa Mengkonsumsi jus wortel dengan dicampurkan beberapa tetes minyak zaitun secara teratur.
  3. Seringlah untuk membersihkan mata kita menggunakan air hangat, bukan air panas.
  4. Cobalah untuk tidak melihat atau menggunakan laptop/PC minimal 2 jam sebelum anda tidur.
  5. Agar mempertajam penglihatan, cobalah menerapkan latihan mata ala "India Trataka."

Trataka merupan cara dan beberapa trik agar mata bisa melihat dengan lebih fokus, dimana kita harus fokus pada jarak tertentu sedangkan pada sisi lain juga dituntut harus berkonsentrasi pada titik tertentu seperti: cahaya lilin, titik hitam, dan benda-benda kecil).
Sumber : healthynatural.life
Bagikan:

Bagaimana Munurut Anda? Komentar Disini